Selasa, 28 April 2015

Kenali 5 Tipe Diabetes Untuk Pencegahan

Pola hidup & pola makan tidak sehat, stres & tantangan kehidupan nyata-nyatanya teramat akbar pengaruhnya pada hidup manusia. Tidak heran waktu ini beraneka penyakit degeneratif semakin bujang umur pengidap awalnya.

Jenisnya juga makin beraneka. Sebut saja penyakit diabetes melitus. Sekian Banyak ketika dulu kita cuma mengetahui cuma ada dua type penyakit diabetes, adalah type 1 & kategori 2.

Kita ketahui kategori 1 ialah diabetes yg sifatnya menurun benar-benar ada kerusakan kepada organ penghasil insulinnya.

“Tipe 1 ini sebenarnya paling tidak sedikit ditemukan di Eropa seperti di Finlandia & Inggris,” kata Dr. Roy P Sibarani, ahli penyakit dalam dalam seminar menyangkut Preventif Medicine yg diadakan Prodia akhir minggu dulu di Hotel Grand Zuri Bumi Serpong Damai.

Diabetes kategori 1 ini menurut Roy ada yg berawal dari alergi kepada gluten ada juga keengganan memberikan Air Susu Ibu.

Diabetes type 2 yg telah pass dikenal kebanyakan diawali lantaran pola makan & pola hidup yg kurang sehat. Type 2 ini kebanyakan muncul lantaran pertambahan umur pula.

Diabetes kategori 3, dinamakan Roy juga sebagai kategori diabetes yg tidak sanggup dikondisikan. “Orang mampu tiba-tiba mengidap saja. Sementara type 4, ialah yg muncul sewaktu periode kehamilan & mampu hilang disaat si ibu melahirkan. Ini dinamakan bersama diabetes gestasional,” kata Roy.

Paling unik yakni kemunculan diabetes type lima. “Ciri-cirinya yakni menyerang mereka yg berumur 20 thn sampai kurang dari 35 thn, awalnya tak sempat mengalami diabetes, tetapi demikian terserang dikasih obat yg sesuai seperti insulin & pengaturan lifestyle & olah raga serta-merta sembuh & normal,” kata Roy menegaskan.

Memang Lah oleh sebanyak organisasi profesi yg bergerak di bagian medis type ke lima ini belum dipercaya atau ‘diresmikan’. “Bahkan dahulu di sekian banyak negeri maju ada yg menggolongkannya juga sebagai kategori satu setengah. Tetapi terus mesti diwaspadai,” kata Roy.

Bersama begitu lantaran beratnya beban yg mesti ditanggung demikian penyakit ini mulai sejak menyerang, upaya paling bijak merupakan laksanakan pencegahan. Mulai Sejak dari menata lifestyle sehat, sampai rutin lakukan general check-up.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar