Selasa, 22 Agustus 2017

Kenali Penyebab Penyakit Paru-Paru Paling Mematikan

Sebuah studi baru-baru ini menerbitkan beberapa penyakit paru-paru yang paling mematikan pada tahun 2015. Ada dua penyakit paru-paru, salah satunya disebabkan oleh rokok yang telah membunuh 3,2 juta orang di dunia pada tahun itu.

AFP melaporkan bahwa The Lancet Respiratory Medicine menerbitkan hasil penelitian terbarunya dan mengatakan bahwa dua penyakit paru-paru adalah yang paling mematikan dan telah membunuh 3,6 juta orang di seluruh dunia.

Dua penyakit tersebut adalah penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), yang terutama disebabkan oleh merokok dan polusi, dan asma menyebabkan 400.000 orang meninggal.

COPD adalah kelompok kondisi paru-paru tertentu yang menyebabkan sulit bernafas, beberapa di antaranya adalah emfisema dan bronkitis.

Studi telah menemukan bahwa prevalensi asma pada tahun studi telah berlipat ganda, namun untuk COPD telah melonjak delapan kali.

Studi tersebut mengatakan bahwa pengobatan untuk kedua penyakit tersebut benar-benar mampu mencapai beberapa lapisan masyarakat, namun sebagian besar terjadi tidak terdiagnosis, salah didiagnosis atau tidak diobati.

COPD berada di peringkat keempat di antara kematian besar di dunia pada tahun 2015, menurut data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Rentang penyebab kematian pertama diduduki oleh penyakit jantung dengan 9 juta kasus, stroke dengan enam juta kematian dan infeksi saluran pernafasan rendah sekitar 3,2 juta kematian.

Penelitian yang dilakukan oleh The Lancet Respiratory Medicine dipimpin oleh Theo Vos, seorang profesor di carakuhidupsehat.com University of Washington Institute of Health Metrics and Evaluation.

Vos dan tim menganalisis data dari 188 negara untuk mengamati, di setiap negara, jumlah kematian dan penyebab dari tahun 1990 sampai 2015.

Prevalensi PPOK dan angka kematiannya menurun selama periode pengamatan, namun jumlah kematian cenderung meningkat hampir 12 persen. Hal ini diduga meningkatkan jumlah kematian akibat kenaikan populasi.

Dalam kasus asma, prevalensi berjumlah 13 persen menjadi 358 juta orang di seluruh dunia. Tapi angka kematiannya berkurang seperempatnya.

"Penyakit ini kurang umum dibandingkan penyakit kronis nonkomunis lainnya seperti kardiovaskular, kanker atau diabetes," kata Vos dalam sebuah pernyataan.

Studi tersebut menemukan bahwa sejumlah negara dengan kejadian COPD tinggi pada tahun 2015 adalah Papua Nugini, India, Lesotho dan Nepal.

Asma, penyakit ini biasa ditemukan di Afghanistan, Republik Afrika Tengah, Fiji, Kiribati, Lesotho, Papua Nugini dan Swaziland.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar